5 Aplikasi Penenang yang Bakal Melepas Kamu dari Stress


Kita akan membahas calming apps atau aplikasi untuk menenangkan diri. Terkadang ada kala kita jenuh dengan berbagai rutinitas dalam keseharian kita, dan pastinya ada satu waktu ketika kita ingin menenangkan diri atau “me time” dengan diri kita sendiri. Saya sudah memilih beberapa aplikasi yang cocok untuk kamu install ketika kamu ingin menenangkan diri atau self calming, mau tau apa aja aplikasinya? oke langsung saja masuk ke listnya ya.

1. Mindmeister


Ketika kita berdiam diri ada kalanya kita sekejap terlintas ide brilian dan ketika ketika momen itu terlewat kita akan lupa akan ide itu, nah aplikasi ini cocok untuk menuliskan ide mentah kamu menjadi sebuah kenyataan, jadi ide itu kamu tulis di aplikasi ini lalu kamu brainstorming dengan organisir bagaimana cara ide itu berkembang dan itu disebut mind mapping. Banyak sekali tools yang bisa kamu buat untuk membuat sebuah mind mapping tersebut antara lain dengan tema yang berbeda, style, icons yang unik. Kelebihan satu lagi aplikasi ini, kamu bisa mengkolaborasikan pikiran kamu dengan teman atau rekan kamu secara real time loh simpel banget kan? coba kalian download disini Mindmeister.

2. Calm.

Selanjutnya adalah aplikasi Calm, aplikasi ini dibuat di tahun 2014 dan mendapat rating sekitar 4,4 dari 261 rb reviewer, aplikasi ini bertujuan untuk mengurangi stress, kecemasan berlebihan, insomnia dengan cara salah satunya adalah bermeditasi. Didukung dengan lagu, bedtime stories yang diupdate di tiap bulan membuat aplikasi ini di rekomendasikan oleh psikolog top, terapis dan pakar kesehatan mental yang terkenal. Aplikasi ini bisa untuk pemula dan jika kamu ada di kelas menengah dan lanjutan akan ada ratusan program untuk mengawal kamu menjadi pribadi yang lebih kalem dam positif menjalani kehidupan. Untuk fiturnya sendiri ada banyak yang bisa kamu akses antara lain program 10 menit yang bisa kamu lakukan sebelum tidur,latihan pernapasan, meditasi dengan waktu yang terarah dan masih banyak lagi. Jika kamu ingin mendownload aplikasi ini download disini ya Calm.

3. Insight Timer

Selanjutnya ada Insight Timer, aplikasi ini dibuat di tahun 2010 dan meraih beberapa award Apps of the Year WInner dari majalah TIME aplikasi ini benar-benar gratis, jika Calm harus trial terlebih dahulu sedangkan Insight Timer bisa digunakan secara gratis inilah kelebihan yang kentara dari aplikasi kompetitornya itu, dan setiap langkah ataupun meditasi yang dilakukan di aplikasi ini dipandu oleh ahli-ahli dan guru dari sejumlah Universitas ternama seperti Stanford, Harvard, Oxford dan masih banyak lagi, aplikasi ini juga menawarkan banyak sekali jenis meditasi antara lain Vipassana, Yoga, Zen, Meditasi Buddhist dan sebagainya. Dengan banyaknya metode yang begitu banyaknya kamu bisa dengan bebas memilih metode mana saja yang cocok untuk kamu inginkan, dengan rating tinggi sebesar 4,7 membuktikan bahwa aplikasi ini sangat worth-it untuk dicoba. Kalo kamu ingin mendownloadnya download disini ya Insight Timer.

4. Simple Habit

Jika kamu tidak sempat untuk melakukan meditasi selama 10 menit atau lebih, kamu bisa menginstall aplikasi ini karena meditasi 5 menit nya terbukti ampuh dan banyak sekali user yang menggunakan meditasi 5 menit ini, jadi jika kamu ingin beristirahat dan bermeditasi cukup 5 menit saja kamu bisa sedikit mengurangi stress dalam diri kamu dan juga membuat kamu lebih tenang. Tidak hanya 5 menit meditasi kok ada juga kelas 10 menit, 15 menit bahkan lebih, tetapi meditasi 5 menit inilah yang menjadi nilai plus untuk aplikasi ini. Kamu bisa download disini Simple Habit.

5. Colorfy

List terakhir jika kamu tidak suka bermeditasi tetapi menyukai seni, kamu bisa menggunakan aplikasi ini, tidak ada yang salah dengan mewarnai karena banyak penelitian mengatakan bahwa mewarnai adalah salah satu kegiatan untuk mengurangi stress dan membuat kita menjadi lebih tenang. Ada berbagai macam gambar yang bisa kamu warnai atau kamu ingin menggambar sendiri juga bisa, karena banyak efek-efek di dalam aplikasi ini yang bisa kamu pakai, aplikasi ini bisa dipakai offline loh dan update terbaru aplikasi ini bisa menampilkan augmented reality secara virtual tentang kreasi kamu loh keren bukan?. Kamu bisa download aplikasi disini Colorfy.