Lonjakan Aktivitas Manufaktur AS Tertinggi dalam 37 Tahun

Lonjakan Aktivitas Manufaktur AS Tertinggi dalam 37 Tahun, didorong oleh pertumbuhan yang kuat dalam pesanan baru.

Institute for Supply Management (ISM) mengatakan pada hari Kamis indeks aktivitas pabrik nasional melonjak ke pembacaan 64,7 bulan lalu dari 60,8 pada bulan Februari. Itu merupakan level tertinggi sejak Desember 1983.

Angka di atas 50 menunjukkan ekspansi di bidang manufaktur, yang menyumbang 11,9% dari ekonomi AS. Ekonom yang disurvei oleh Reuters memperkirakan indeks naik menjadi 61,3 di bulan Maret. Pandemi Covid-19 selama setahun telah meningkatkan permintaan barang.

Pemerintah AS pada hari Rabu mengumumkan rencana untuk menghabiskan sekitar $ 2 triliun untuk infrastruktur seperti jalan dan jembatan selama 10 tahun.

Stimulus fiskal besar-besaran dapat membuat ekonomi mendorong kendala kapasitas domestik dan mendorong inflasi. Pemasok sudah berjuang untuk mengirimkan bahan ke produsen, sehingga menaikkan biaya produksi. Hal itu terbukti paling nyata dalam industri otomotif, di mana kekurangan chip semikonduktor global telah memaksa pemotongan produksi.

Pengukuran harga yang dibayarkan oleh produsen dalam survei ISM bulan lalu mendekati level tertinggi sejak Juli 2008.

Sub-indeks pesanan baru berwawasan ke depan melonjak menjadi 68,0 di bulan Maret. Itu adalah pembacaan tertinggi sejak Januari 2004 dan naik dari 64,8 di bulan Februari. Pabrik juga menerima lebih banyak pesanan ekspor, sementara tumpukan pesanan membengkak.

Menurut survei Reuters terhadap ekonom, nonfarm payrolls kemungkinan meningkat 647.000 pekerjaan bulan lalu setelah naik 379.000 pada Februari. Pemerintah akan menerbitkan laporan ketenagakerjaan Maret pada hari Jumat.