EUR/USD Naik ditengah Tekanan Kasus Covid-19

EUR/USD diperdagangkan diatas 1.1750 disekitar 1.1774, naik karena melemahnya dollar AS, ditengah kekuatiran karena lockdown yang baru yang dikenakan oleh Perancis, bergabung dengan tambahan restriksi yang sudah diberlakukan sebelumnya di benua Eropa.

Mata uang Bersama Eropa tetap berada dibawah tekanan karena alasan kekuatiran. Kasus virus corona terus meningkat di benua Eropa dan ancaman melubernya sistem Kesehatan. Benua Eropa juga mengalami pukulan dari virus corona terutama karena lambatnya vaksinasi.  Sementara imunisasi sedang dipercepat, baru 12% dari populasi di Eropa yang menerima suntikan vaksin yang pertama kalinya.

EUR/USD masih bisa bertahan diatas 1.17 karena turunnya yields AS dari ketinggiannya. Salah satu alasan dari turunnya yields AS adalah karena Biden mempresentasikan rencana belanja infrastruktur yang massif sebesar $2.25 triliun bersamaan dengan skema pembiayaannya dimana kenaikan pajak akan datang. 

“Support” terdekat menunggu di 1.17 yang apabila berhasil dilewati akan lanjut ke 1.1630 dan kemudian 1.1600.  “Resistance” terdekat menunggu di 1.1805 yang apabila berhasil dilewati akan lanjut ke 1.1836 dan kemudian 1.1845.