EUR/USD Naik ditengah Turunnya USD dan Optimisnya Pasar

EUR/USD memperpanjang keuntungannya mengarah ke 1.1900, dengan para investor menyambut gembira skedul vaksinasi di Eropa dan keluarnya data PMI Jasa yang bagus.

Perkiraan terbaru mengatakan bahwa kebanyakan orang Eropa kemungkinan sudah mendapatkan vaksin Covid – 19 sebelum musim panas tiba. Uni Eropa telah mengupgrade proyeksinya dalam mencapai populasinya dengan vaksin ditengah perkiraan persediaan vaksin yang menjanjikan. Sebelumnya prospek mencapai mayoritas sudah mendapatkan vaksin adalah pada bulan September, bukan bulan Juni.

Perkiraan vaksinasi yang bagus dari Blok Eropa ini bergabung dengan diupgradenya perkiraan ekonomi dari IMF. IMF menaikkan perkiraan pertumbuhan ekonomi global ke 6% dan ini termasuk diupgradenya negara-negara di zona euro.

Perkembangan ini mendorong naik euro. Sementara itu dollar AS sedang terpukul dengan arus keluar dari safe-haven. Turunnya yields treasury AS menyeret turun dollar AS dengan target inokulasi dimajukan dari semula tanggal 1 Mei menjadi tanggal 19 April.

Secara keseluruhan, naiknya pasangan matauang EUR/USD ini kemungkinan sudah terlalu jauh.