Jadi Crazy Rich China, Zong Qinghou Makan di Kantin Kantor dan Pakai Sepatu Rp66 Ribu!

Crazy Rich China bernama Zong Qinghou memiliki harta kekayaan mencapai ratusan triliun rupiah. Namun gaya hidupnya ternyata sangat hemat dan sederhana.


Crazy Rich atau orang-orang super kaya biasanya identik dengan gaya hidup yang serba mewah seperti memakai barang-barang mahal dan bermerek, makan makanan super lezat, punya dompet tebal, dan lain sebagainya.
Namun, stereotip ini seperti tidak berlaku pada Crazy Rich China yang bernama Zong Qinghou.

Pria berusia 75 tahun ini yang tercatat sebagai orang terkaya ke-55 di dunia. Zong Qinghou adalah pendiri Hangzhou Wahaha Group, perusahaan air minum botol, teh, dan susu dalam kemasan.
Berdasarkan data yang dilansir dari Forbes, Zong Qinghou memiliki total kekayaan sebesar US$8,7 miliar atau sekitar Rp126 triliun.

Namun, status Zong Qinghou sebagai Crazy Rich China sangat kontras dengan gaya hidup yang dilakukannya. Alih-alih hidup mewah, **gaya hidupnya ternyata sangatlah sederhana. **

Contohnya saja untuk sepatu. Ia tidak memakai sepatu berharga mahal. Harga sepatunya hanya 30 yuan atau sekitar Rp66.000.

Uniknya, sepatu yang bisa dibilang sangat murah bagi orang sekaya Zong Qinghou dipakai selama bertahun-tahun.

"Harga sepatu kain yang saya pakai sekitar 30 yuan. Sangat nyaman, saya sudah memakainya selama bertahun-tahun," ujar Zong dilansir dari Xinhua pada 1 Juni 2020.
Situs yang sama menyebutkan Zong Qinghou menyukai kemeja berwarna biru dan sepatu kain berwarna hitam yang menjadi pakaian favoritnya.


Taipan China ini juga sangat hemat dalam hal biaya hidup. Meski tajir dengan uang yang sangat banyak, dia hanya mengeluarkan rata-rata 20 dolar AS atau Rp 290.000 sehari untuk biaya hidup.
Ini berarti, ia hanya mengeluarkan uang sekitar 600 dollar AS ataupun Rp8.700.000 juta sebulan.

Ini tentunya sangat murah, apalagi jika kita bandingkan dengan UMR Hangzou, China, yaitu 2.010 yuan sekitar Rp4,4 juta.
Dengan kekayaan yang sepertinya tidak habis tujuh turunan, ia hanya menggunakan biaya yang sangat murah, bener nggak geng?

Selain itu, Zong Qinghou juga menghindari kebiasaan buruk. Dia disebutkan tidak berjudi dan minum-minum meski hal tersebut adalah mudah baginya untuk dilakukan.

Orang kaya juga identik dengan kebiasaannya bermain golf, tapi Zong Qinghou tidak bermain permainan itu. Bahkan dia tidak pergi restoran, melainkan di makan kantin kantor untuk berhemat.

Zong Qinghou juga menerapkan gaya hidup sederhana di lingkungan perusahaannya. Dia juga disebutkan mengecek semua pengeluaran pribadi, bahkan pengeluaran untuk membeli sapu.

Pria yang punya satu anak perempuan bernama Kelly itu kini berusia 39 tahun. Kelak sang anak bakal mewarisi harta kekayaanya yang mencapai ratusan triliun rupiah.

Hangzhou Wahaha Group sendiri awalnya merupakan toko di sekolah anak-anak di Hangzhou. Namun kini, perusahaan air minuman ringan milik Zong Qinghou tercatat sebagai perusahaan terbesar ketiga di China.