Kena Deeech! Ini Kata Warren Buffet Soal Kripto Bitcoin Cs


Jakarta, Tak semua orang menjadi penggemar mata uang kripto. Termasuk Chairman dan CEO Berkshire Hathaway yang berulang kali mengatakan Bitcoin merupakan investasi yang buruk.

Tahun 2018 lalu saat pertemuan tahunan Berkshire, investor kawakan ini pernah membandingkan uang kripto dengan kemungkinan kotak racun tikus. Selanjutnya dia mengatakan pada CNBC, Bitcoin tidak menciptakan apa-apa.

"Saat Anda membeli aset nonproduktif, semua yang anda andalan adalah orang membayar lebih pada anda karena mereka lebih bersemangat saat ada orang lain datang," kata Warren, dikutip dari Express, Senin (26/4/2021).

Beberapa minggu sebelumnya, dia bahkan menyebut berinvestasi pada Bitcoin adalah perjudian. Menurutnya itu jenis pemain bukan investasi.

Warren juga sempat memperingatkan para investor jika Bitcoin dan mata uang kripto lain 'hampir pasti' akan datang 'di akhir yang buruk'.

Pada hari Jumat (23/4/2021), sejumlah mata uang kripto mengalami penurunan. Harga Ethereum menurun lebih dari 10% menjadi US$2140 sementara Bitcoin sebesar 3,.44% ke angka US$49.903,71.

Anjloknya harga mata uang kripto hanya berselang satu hari sejak Presiden Amerika Serikat, Joe Biden, mengumumkan rencana perubahan pada kode pajak. Termasuk menaikkan pajak capital gain menjadi 39,6%.

Rencana itu dikritik pengguna media sosial yang menyebutkan dapat merugikan investor mata uang kripto.

Namun sejumlah analis meyakini jika pasar kripto akan kembali normal. Salah satu penyebabnya adalah sejumlah investor ritail dan institusi mengeluarkan kebijakan mata uang digital sebagai aset yang sah.

"Saya pikir mungkin kamu haru punya semacam penjualan teknis. Ether menjadi penggerak, yang mengungguli performa dari Bitcoin," kata Kepala Penelitian Pepperstone Markets Ltd, Chris Westo, dikutip Reuters.