Wadaw! Telepati di ilmiah dan konkritkan Elon Musk via Monyet Bermain Game dengan Gelombang Otaknya






Startup chip otak yang didirikan Elon Musk merilis rekaman pada hari Jumat, yang menunjukkan seekor monyet memainkan video gim sederhana setelah mendapatkan implan teknologi baru.


Video berdurasi 3 menit oleh Neuralink menunjukkan Pager, seekor kera jantan berusia 9 tahun dengan chip tertanam di setiap sisi otaknya, memainkan gim Mind Pong. 


"Dia belajar berinteraksi dengan komputer untuk mendapatkan smoothie pisang lezat yang disajikan melalui sedotan," kata narator dalam video tersebut saat Pager menggerakkan kursor di layar menggunakan joystick, CNN melaporkan.


Pager mengontrol gagang joystick hanya dengan berpikir tentang menggerakkan tangannya ke atas atau ke bawah.


"Produk @Neuralink pertama akan memungkinkan seseorang dengan kelumpuhan untuk menggunakan smartphone dengan pikiran mereka lebih cepat daripada seseorang yang menggunakan jempol," cuit Twitter Elon Musk pada Kamis.


"Versi yang lebih baru akan dapat mengalihkan sinyal dari Neuralinks di otak ke Neuralinks di klaster motorik/sensorik tubuh, sehingga memungkinkan orang lumpuh untuk berjalan kembali. Perangkat ini ditanamkan dengan tengkorak & mengisi daya secara nirkabel, sehingga Anda terlihat & merasa benar-benar normal," kata Elon Musk, dikutip dari Reuters, 10 April 2021.


Neuralink bekerja dengan merekam dan mendekode sinyal listrik dari otak menggunakan lebih dari 2.000 elektroda yang ditanamkan di daerah korteks motorik monyet, yang mengoordinasikan gerakan tangan dan lengan, kata narasi dalam video itu.


"Dengan menggunakan data ini, kami mengkalibrasi dekoder dengan secara matematis memodelkan hubungan antara pola aktivitas saraf dan berbagai gerakan joystick yang mereka hasilkan," tutur narator video.


Didirikan oleh Elon Musk pada tahun 2016, Neuralink yang berbasis di San Francisco, bertujuan untuk menanamkan chip komputer otak nirkabel untuk membantu menyembuhkan kondisi neurologis seperti Alzheimer, demensia, dan cedera tulang belakang, serta menggabungkan manusia dengan kecerdasan buatan.


Pada Agustus 2020, Elon Musk meluncurkan seekor babi dengan implan chip Neuralink, yang menggambarkannya sebagai "Fitbit di tengkorak Anda".


Elon Musk memiliki sejarah menyatukan beragam ahli untuk mengembangkan teknologi yang sebelumnya terbatas pada laboratorium akademik, termasuk untuk roket dan kendaraan listrik, melalui perusahaan seperti Tesla Inc dan SpaceX.

reuters