Hapus 8 Aplikasi Android Ini, Waspada Data & Uangmu Dirampok

Foto: Infografis/ Rampok Ngumpet Lewat Apps Android Ini/ Edward Ricardo

Jakarta, Isu pencurian data pribadi kini kerap terjadi. Salah satu penyebabnya yaitu bisa dari aplikasi di ponsel Anda, terutama jenis Android.

Salah satu malware bernama Joker diketahui telah masuk dalam ponsel Android. Saat ini sudah terdeteksi ada delapan aplikasi yang membawa malware itu.

Berdasarkan informasi dari Quick Heal Security Labs, delapan aplikasi ini punya potensi pencurian data pribadi.
Seluruh aplikasi yang merugikan ini sudah dihapus dari Play Store dan dikabarkan sudah dilaporkan kepada pihak Google. Namun, bagi yang sudah mengunduhnya, diminta segera menghapus seluruh aplikasi dalam daftar itu.

Malware Joker dapat mencuri informasi pribadi dari SMS, daftar kontak dan informasi perangkat. Selain itu juga dapat berinteraksi dengan situs iklan diam-diam.
Tidak hanya informasi, korban dari malware ini juga bisa kehilangan uang. Cara kerjanya, tanpa sepengetahuan korban, Joker dapat mendaftarkan korban ke situs berlangganan premium.

Quick Heal melaporkan, seluruh aplikasi saat dibuka pertama kali akan meminta mengakses notifikasi. Tak sampai di sana, aplikasi akan mengambil data SMS dari notifikasi dan meminta akses pada kontak.
Setelah izin dikantongi, aplikasi akan mengatur izin untuk membuat panggilan telepon. Nantinya aplikasi akan memonitor seluruh data yang didapatkan.

Menurut Quick Heal, malware akan disebar pada aplikasi yang populer karena fungsi yang dicari pengguna, yaitu ada aplikasi scanner, wallpaper dan messaging.

Berikut daftar kedelapan aplikasi yang membawa malware Joker:
1.Auxiliary Message
2.Fast Magic SMS
3.Free CamScanner
4.Super Message
5.Element Scanner
6.Go Messages
7.Travel Wallpapers
8.Super SMS