Saham Raksasa Teknologi Kian Besar


Saham perusahaan raksasa teknologi kembali diminati investor di bursa Amerika Serikat (AS). Keraguan terhadap pemulihan ekonomi pasca pandemi membuat para trader beralih kembali ke saham perusahaan teknologi besar yang mencatatkan kinerja tinggi.

Akibat aksi beli ini, nilai pasar saham  lima perusahaan teknologi terbesar yakni Apple Inc, Microsoft Corp, Amazon.com Inc, Alphabet Inc dan Facebook Inc telah melonjak lebih dari US$1 triliun sejak awal Juni 2021.

Jim Meyer, Kepala Investasi Tower Bridge Advisor, mengatakan, investor menjauhi saham yang terkait dengan pertumbuhan ekonomi, karena ekonomi belum pulih sesuai harapan. Kondisi itu mendorong investor kembali mencari sektor saham yang berpotensi tumbuh. Pilihan utamanya  jatuh pada saham teknologi.

Apalagi tak banyak saham pilihan menarik saat ini. Menurut laporan  Vanda Research, saham produsen cip Nvidia diburu para investor ritel. Saham Amazon dan Apple juga diminati.

Rilis laporan pendapatan kuartal kedua sejumlah perusahaan teknologi akan menambah  optimisme investor. Kelima perusahaan teknologi terbesar diperkirakan membukukan pertumbuhan pendapatan dua digit.

Berdasarkan data yang dikumpulkan Bloomberg, pendapatan Amazon diproyeksikan naik 30%, sedangkan Alphabet dan Facebook naik 50%. Pendapatan seluruh anggota  S&P 500 diperkirakan naik 19%.

Tak heran, lima saham teknologi AS terbesar melonjak dan menembus rekor kapitalisasi pasar. Dengan nilai gabungan kapitalisasi pasar mencapai US$ 9 triliun,  kelimanya menyumbang hampir seperempat dari kapitalisasi anggota  indeks S&P 500 (lihat tabel).

Sejauh ini, Apple dan Amazon telah memimpin rebound saham teknologi berkapitalisasi pasar jumbo. Apple mendapat dorongan dari JPMorgan yang mengatakan saat ini waktu yang tepat beli saham Apple sejalan prospek penjualan iPhone yang menggembirakan.

sumber