Mulai Go Digital, Ini Tips Melindungi Akun Bisnis Kamu dari Kejahatan Digital

 

Ilustrasi pelaku usaha. (Shutterstock)

Liputan6.com, Jakarta Tren digital dan bisnis online yang berkembang pesat membuat banyak pelaku usaha beralih ke akun bisnis. Dari akun chatting, media sosial, aplikasi berbagi video hingga akun e-commerce. Selain memahami cara mengelola dan memanfaatkan akun bisnis, penting sekali untuk menjaga keamanan dan informasi akun bisnis. 

Abai terhadap keamanan akun bisnis bukan hanya mengancam data-data pribadi dan mengganggu kelancaran usaha, tapi juga berisiko mengalami kerugian karena sejumlah uang yang hilang. Tentu kamu tidak menginginkan bisnis jadi banyak drama gara-gara akun bisnis yang tidak aman.

Berikut ini beberapa tips melindungi akun bisnis dari kejahatan digital dan hacker. Dijamin bikin kamu Bebas Cemas & #BebasDrama!

1. Jaringan/Koneksi Aman

Ilustrasi bisnis digital. (Shutterstock)

Pastikan selalu gadget kamu baik itu smartphone maupun PC memiliki perlindungan antivirus dan anti spyware. Jika memakai jaringan nirkabel, perlu memastikan koneksi aman. Jika perlu, hindari bertransaksi dengan wifi atau hotspot publik

2. Pin/Password Unik

Untuk menjaga keamanan akun bisnis, kalian bisa menggunakan pin dan password yang unik. Secara berkala pin/password tersebut juga diganti. Kamu bisa memiliki catatan khusus untuk menyimpan password jika memang takut ada yang terlupa.

Ilustrasi update smartphone. (Shutterstock)

Sudah memiliki aplikasi terpercaya, jaringan aman, dan password unik, selanjutnya adalah melakukan pengaturan update aplikasi secara otomatis. Sehingga aplikasi bisa lebih cepat mendapatkan pembaruan yang biasanya akan meningkatkan sisi keamanan.

4. Batasi Akses Aplikasi

Sejumlah aplikasi pasti akan meminta akses ke bagian-bagian tertentu dari smartphone kamu, entah itu kontak, kamera, mikrofon, GPS, dan lain sebagainya. Untuk keamanan kamu bisa batasi aplikasi tersebut atau di setting aktif saat digunakan.

5. Batasi Pengguna Perangkat

Karena berkaitan dengan akun bisnis bisa jadi ada lebih dari satu orang yang mengoperasikan perangkat digital kamu baik itu smartphone maupun komputer. Pastikan hanya orang-orang yang kamu percaya saja yang bisa mengoperasikan akun bisnis itu.

6. Aplikasi Terpercaya dan Terjamin

Ilustrasi antarmuka dompet digital DANA. (Ist.)

Pakai akun biasa saja tidak boleh sembarangan aplikasi, apalagi ini akun bisnis yang melibatkan transaksi keuangan. Sudah tentu wajib pakai aplikasi yang terpercaya dan yang bisa menjamin keamanan data-data pribadi dan bisnis kamu. 

Salah satu aplikasi yang bisa kamu andalkan untuk bisnis adalah DANA. Aplikasi dompet digital dari dan untuk Indonesia ini tidak hanya bisa menjadi aplikasi favorit untuk transaksi keperluan sehari-hari dan bulanan kamu, melainkan juga untuk bisnis. 

DANA memiliki DANA Bisnis dan DANA Enterprise yang membantu transaksi bisnis kamu lebih praktis dan cepat, namun tetap terjamin keamanannya. Jaminan keamanan ini karena aplikasi DANA dilengkapi dengan DANA Protection, sebuah fitur safety & security yang menjamin keamanan transaksi user dengan sistem keamanan yang canggih, dan dinamis. 

Beberapa keunggulan DANA Protection lain yang bisa bantu kamu transaksi Bebas Cemas & #BebasDrama antara lain;

  • Setiap transaksi, pengguna akan di challenge dengan sistem keamanan seperti PIN DANA atau OTP, Face Verification.
  • Memberi jaminan uang kembali 100% jika terjadi hal yang tidak diinginkan saat transaksi, sesuai dengan S&K.
  • DANA memiliki Sertifikasi ISO 27001:2013 untuk keamanan informasi data & Sertifikasi PCI-DSS (Payment Card Industry Data Security Standard) untuk keamanan informasi kartu bank.
Pakai DANA Hidup #BebasDrama.

Buat kamu yang ingin mengembangkan bisnis bareng DANA Bisnis atau DANA Enterprise, pastikan kamu download aplikasi DANA sekarang di App Store atau Google Play Store.

Transaksi #BebasDrama Sekarang!