Begini Caranya, Cek Sertifikat Vaksin Covid Kini Bisa Lewat WA


Jakarta - Cek sertifikat vaksin Covid sekarang bisa melalui aplikasi Whatsapp. Kementerian Kesehatan menambahkan layanan pengaduan masyarakat untuk mempercepat respons pengaduan masyarakat terkait sertifikat vaksin.

Sebelumnya, masyarakat yang mengalami kendala mengenai sertifikat vaksin bisa mengajukan kendalanya melalui Call Center PeduliLindungi dan email. Saat ini masyarakat juga bisa mengakses layanan melalui chatbot Whatsapp

Sekarang, masyarakat bisa menggunakan chatbot WhatsApp aplikasi PeduliLindungi untuk cek sertifikat vaksin Covid. Simak caranya berikut ini.

Cek Sertifikat Vaksin Covid Lewat Chatbot Whatsapp
Chatbot Whatsapp Kemenkes RI digunakan untuk melayani keluhan pengguna PeduliLindungi. Dilansir dari situs Sehat Negeriku Kementerian Kesehatan, untuk mengakses layanan chatbot ini, masyarakat bisa menghubungi Whatsapp Kemkes RI pada nomor 081110500567.

Walaupun menggunakan platform media sosial, pemerintah menjamin bahwa setiap data yang dikirimkan aman. Hal ini karena masyarakat akan diminta untuk memasukkan nomor telepon yang terdaftar pada aplikasi PeduliLindungi dan kode OTP terlebih dahulu sebelum memberikan datanya.

"Semua kemudahan ini tentunya didesain dengan proses verifikasi dan tingkat keamanan yang mencukupi agar data dan privasi pengguna tetap terjaga dengan baik," kata Chief of Digital Tranformation Office (DTO), Kementerian Kesehatan, Setiaji.

Setiaji menambahkan bahwa model pengaman chatbot Whatsapp ini sudah didesain dengan proses verifikasi dan end to end encryption. Jadi, pada saat masyarakat mengirim pesan, sudah terenkripsi sehingga data privasi dari pengguna akan tetap terjaga.

Termasuk Cek Sertifikat Vaksin Covid, Ini Fitur Chatbot Whatsapp
Platform layanan baru ini dihadirkan Kemenkes untuk mengakomodir kebutuhan masyarakat terkait kesesuaian data vaksinasi COVID-19. Selain untuk cek sertifikat vaksin Covid, terdapat 2 menu utama lainnya yang bisa digunakan masyarakat.

Berikut adalah 3 menu utama chatbot Whatsapp Kemenkes:
1. Download Sertifikat
2. Status Vaksinasi
3. Ubah Info Diri

Masyarakat yang belum mendapatkan sertifikat vaksin atau ada kendala untuk mengakses sertifikat vaksin di Aplikasi PeduliLindungi bisa memilih menu Download Sertifikat. Pengecekan status vaksinasi juga dapat dilakukan melalui menu Status Vaksinasi. Sementara itu, menu Ubah Info Diri diperuntukkan bagi masyarakat yang ingin mengubah data nama pada sertifikat vaksin agar sesuai KTP dan nomor telepon terdaftar di aplikasi PeduliLindungi

Cek Sertifikat Vaksin Covid Lewat Chatbot Whatsapp Bisa 24 Jam
Dengan adanya chatbot Whatsapp ini harapannya masyarakat bisa memperbarui dan menyesuaikan data diri vaksinasi COVID-19 dengan mudah dan cepat. Chatbot Whatsapp Kemenkes RI ini bisa diakses selama 24 jam.

"Chatbot PeduliLindungi diharapkan dapat menjawab kebutuhan masyarakat yang selama ini mugkin masih terkendala dengan email dan call center PeduliLindungi. Sekarang bisa lebih mudah menyelesaikan masalah sertifikat vaksin hanya melalui chat WhatsApp yang langsung dijawab saat itu juga dengan jaminan layanan yang selalu siap 24 jam," ucap Setiaji

Selain itu, perubahan data info diri yang dilakukan melalui Chatbot dapat langsung terupdate dengan cepat. Nantinya masyarakat akan mendapatkan konfirmasi dari Chatbot tersebut saat dilakukan perubahan data dalam sistem PeduliLindungi.

Sebelum ada chatbot Whatsapp, cek sertifikat vaksin Covid biasanya dilakukan lewat situs atau aplikasi. Aduan pun lewat email. Cek informasinya di halaman berikutnya.

Cek Sertifikat Vaksin Covid Lewat Situs atau Email
Sebelumnya, Kemenkes hanya menyediakan 2 platform layanan untuk pengaduan masyarakat. Sekjen Kemenkes Kunta Wibawa Dasa Nugraha mengatakan selama ini pengaduan diarahkan ke email [email protected] atau Call Center 119.

Jumlah rata-rata aduan per minggunya mencapai lebih dari 134.000 ke email dan 80.000 lewat telepon. Sebagian besar kendalanya terkait dengan sertifikat vaksin dan penyesuaian data, seperti nama dan nomor ponsel.

"Oleh karena itu, Kemkes RI menghadirkan layanan chatbot PeduliLindungi untuk mengatasi permasalahan yang berkaitan dengan sertifikat, status vaksinasi, dan perbaikan info diri," Sekjen Kemenkes Kunta Wibawa Dasa Nugraha dalam konferensi pers Peluncuran Chatbot Whatsapp PeduliLindungi secara virtual, Rabu (10/11) di Jakarta.