Ini 5 Tips Penting untuk Bunda yang Jalani Frugal Living, Tak Sembarangan


Jakarta, Banyak orang yang tak membatasi pengeluaran rumah tangga mereka bahkan hidup glamor dan boros, Bunda. Meski begitu, tak sedikit pula keluarga yang menerapkan hidup hemat.

Hidup hemat atau frugal living adalah kehidupan di mana seseorang sadar akan pengeluaran mereka, namun tetap bisa memprioritaskan hal-hal yang penting. Orang yang ingin mengadopsi kehidupan ini tentu perlu memikirkan tujuan utama dan bagaimana mengubah pengaturan keuangan mereka sehingga bisa mencapai tujuan tersebut.

Sebenarnya, hidup hemat adalah gaya hidup yang umum dilakukan oleh banyak orang, Bunda. Terkadang, kehidupan mereka bahkan dipenuhi dengan penghematan.
Beberapa orang yang mengadopsi gaya hidup frugal biasanya lebih banyak menghabiskan waktu untuk berlibur atau waktu untuk diri sendiri. Namun, semuanya kembali lagi pada hal-hal yang menjadi prioritas.

Tips menjalani frugal living
Melansir dari laman Wealth Simple, ada beberapa tips yang bisa Bunda perhatikan saat menjalani gaya hidup frugal atau frugal living, nih. Kalau Bunda penasaran, berikut ini deretannya.

1. Selalu periksa pengeluaran
Sebelum Bunda memutuskan untuk menjalani gaya hidup frugal, Bunda perlu tahu ke mana perginya uang yang selama ini Bunda keluarkan. Dengan begitu, Bunda bisa memutuskan ke mana uang harus disalurkan.

Bunda bisa gunakan metode penganggaran, nih. Misalnya saja menggunakan aplikasi, jurnal, atau spreadsheet. Setelah menemukan media yang tepat, Bunda bisa mulai melacak pengeluaran dan berbagai transaksi.
Setelah satu bulan, lihat dan perhatikan pengeluaran Bunda. Kebanyakan orang mungkin akan terkejut dengan biaya pengeluaran makan siang atau hari libur mereka.

Setelah tahu ke mana perginya uang Bunda, selanjutnya Bunda bisa memutuskan apa yang harus dilakukan. Kalau biaya paling besar keluar untuk makan siang di kantor, mulai besok Bunda bisa membawa bekal sendiri dari rumah.

2. Bayarkan utang
Cara termudah agar Bunda bisa menghemat dari utang adalah dengan membayarnya kembali pinjaman dengan tingkat bunga yang lebih rendah. Hal ini tentu akan memberikan perbedaan yang besar dalam pengeluaran bulanan.

Buat daftar utang dan lihat apakah Bunda bisa membiayai semua utang kembali. Kalau Bunda kembali membayarkan pinjaman bulanan, tetap lakukan pembayaran seperti sebelumnya, ya.

3. Cari barang bekas
Belanja barang bekas adalah salah satu tips hidup hemat yang tak pernah terlupakan sejak dahulu, Bunda. Baik itu membeli mobil bekas atau baju bekas.
Hampir seluruh barang bekas harganya jauh lebih murah daripada barang baru, Bunda. Namun, Bunda perlu pastikan barang bekas yang dibeli masih dalam kondisi dan berfungsi dengan baik.

Misalnya saja Bunda membeli furnitur bekas, dekorasi rumah bekas, peralatan dapur, dan masih banyak lagi. Bunda bisa kunjungi toko yang memberikan barang asli namun dengan harga yang miring.

4. Kartu diskon
Sebagian besar dari Bunda pasti suka berbelanja di toko grosir. Biasanya, Bunda akan menggesek kartu debit atau kredit untuk membeli barang yang diinginkan.

Cara termudah untuk menghemat uang Bunda adalah dengan menggunakan kartu hadiah diskon saat berbelanja, nih. Berbagai situs e-commers tentu memberikan tawaran harga diskon selama Bunda memiliki kartu, voucher, atau kupon diskon.

5. Investasikan uang
Banyak orang yang takut kehilangan uang mereka, terutama setelah bekerja keras untuk mendapatkannya. Kalau Bunda termasuk ke dalam orang yang seperti ini, Bunda bisa menginvestasikan uang untuk membangun kekayaan.

Investasi adalah satu-satunya cara menabung yang baik, Bunda. Bunda perlu memulai investasi sesegera mungkin, nih. Semakin awal Bunda berinvestasi, maka semakin sedikit Bunda harus hemat dan menabung.