Nilai Penipuan (Fraud) dan Pencurian di Platform Cryptocurrency DeFi Tahun Ini US$ 10,5 Miliar



LONDON. Sepanjang tahun ini, nilai penipuan dan pencurian pada platform cryptocurrency DeFi telah mencapai US$ 10,5 miliar. Catatan tersebut mengungkapkan pertumbuhan cepat atas risiko di area platform keuangan terdesentralisasi yang sebagian besar masih tidak diatur.


DeFi memungkinkan pengguna untuk meminjamkan, meminjam dan menyimpan aset mata uang kripto dengan melewati sistem penjagaan keuangan tradisional seperti bank. Para pendukung mengatakan teknologi itu menawarkan akses yang lebih murah dan efisien pada layanan keuangan.


Tahun ini uang tunai telah mengalir ke situs DeFi dan mencerminkan ledakan minat terhadap cryptocurrency secara keseluruhan. Banyak investor yang secara historis menghadapi suku bunga rendah atau di bawah nol, tertarik terhadap DeFi karena janji pengembalian tabungan yang tinggi.



Namun menurut perusahaan analitik blockchain yang berbasis di London yakni Elliptic, kejahatan juga berkembang pesat di sektor cryptocurrency yang sebagian besar tidak diatur. Pengguna telah menderita kerugian lebih dari US$ 12 miliar melalui kejahatan di aplikasi DeFi sejak tahun 2020. 


Sebagian besar kerugian pada aplikasi DeFi terjadi pada 2021. Untuk tahun ini saja, kerugian platform pinjaman dan pertukaran itu mencapai US$ 10,5 miliar.


Pada Bulan Agustus 2021, situs DeFi Poly Network diguncang oleh pencurian cryptocurrency senilai US$ 610 juta. Nilai pencurian itu menjadi salah satu yang terbesar meskipun peretas kemudian mengembalikan hampir semua jarahan.


Elliptic menemukan bug dalam kode dan cacat desain memungkinkan penjahat untuk menargetkan situs DeFi. Kumpulan likuiditas yang dalam juga membuka peluang bagi penjahat untuk mencuci hasil kejahatan sambil meninggalkan sedikit jejak. Penipuan juga sering terjadi.


Tom Robinson dari Elliptic mengatakan aplikasi terdesentralisasi dirancang agar tidak dapat dipercaya karena menghilangkan kontrol pihak ketiga atas dana pengguna. "Tetapi Anda harus tetap percaya bahwa pembuat protokol tidak melakukan kesalahan pengkodean atau desain yang dapat menyebabkan hilangnya dana," kata dia.


Platform DeFi utama mengaku mengambil berbagai langkah untuk meningkatkan keamanan. Misalnya saja mulai dari mempekerjakan perusahaan eksternal, mengaudit kode untuk kerentanan hingga mempertahankan kunci dan kata sandi yang diperlukan untuk mengakses dompet pengguna di lingkungan yang aman.


Menurut pelacak sektor DeFi Pulse, saat ini cryptocurrency senilai sekitar US$ 86 miliar tersimpan di platform DeFi. Nilai tersebut terungkit dibandingkan dengan US$ 12 miliar setahun yang lalu.


Adapun investor-investor kakap juga bertaruh besar pada pertumbuhan sektor cryptocurrency. Contohnya Dana pensiun Kanada yakni Caisse de Dépôt et Placement du Québec yang pada bulan lalu mengambil bagian dalam investasi US$ 400 juta di platform pinjaman utama Celsius Network.