Gokil! AS-Rusia Sama-sama 'Menghadap' Jokowi, Ada Apa?


Jakarta, Amerika Serikat (AS) dan Rusia dilaporkan bersama-sama mengirimkan pejabat tingkat tingginya ke Indonesia. Bahkan, tanggal kunjungan pejabat kedua rival adidaya itu ke RI ini pun hampir bersamaan.

Menteri Luar Negeri (Menlu) AS, Anthony Blinken, ditugaskan oleh Presiden Joe Biden untuk mengunjungi Asia Tenggara. Blinken rencananya akan tiba di Jakarta hari ini, Senin (13/12/2021).

"Di Jakarta, Menlu akan menyampaikan sambutan tentang pentingnya kawasan Indo-Pasifik dan menggarisbawahi pentingnya Kemitraan Strategis AS-Indonesia," ujar keterangan resmi kedutaan besar AS di Jakarta.

Setelah dari Jakarta, Blinken dikabarkan akan langsung terbang menuju Malaysia dan Thailand hingga 16 Desember mendatang. Dengan kedua negara itu, Blinken juga dilaporkan akan membahas isu-isu keamanan regional, termasuk diantaranya mengenai Myanmar.

Sementara itu, Presiden Rusia Vladimir Putin mengirimkan Sekretaris Dewan Keamanan Federasi Rusia, Nikolay Patrushev ke Jakarta dan Phnom Pehn pada Senin (13/12/2021) hingga Kamis (16/12/2021). 

"Patrushev akan melakukan konsultasi tentang keamanan masing-masing dengan Jakarta dan Phnom Penh," ujar keterangan resmi Kedutaan Rusia di Jakarta.

Hubungan antara dua negara besar itu saat ini sedang mengalami ketegangan yang besar. Washington sedang mengancam Moskow untuk menerapkan sanksi tambahan akibat invasi dan aneksasi Rusia terhadap wilayah Krimea yang sebelumnya dimiliki Ukraina. Selain itu, AS menuduh bahwa Rusia bermain dalam proses pemilunya pada November 2020 lalu.