NFT: Pengertian, Fungsi, Manfaat, Kelebihan dan Risiko


Perkembangan teknologi yang kita rasakan saat ini benar-benar memberikan dampak yang signifikan terhadap kehidupan manusia urban, mulai dari penggunaan teknologi dalam setiap aktivitas seperti pendidikan, otomotif dan gaya hidup.

Salah satu tren baru yang cukup diminati pada era teknologi ini adalah jual beli aset digital, NFT adalah salah satu produk aset digital yang dewasa ini sedang banyak diperbincangkan.

Apa pengertian NFT? Apa fungsinya dan apa saja manfaatnya? Berikut adalah ulasan tentang pengertian, fungsi dan manfaat NFT.

Pengertian NFT
NFT adalah singakatan dari non-fungible token, seperti yang sudah dijelaskan di atas bahwa NFT merupakan sebuah aset digital yang mewakili objek di dunia nyata. Contoh dari NFT itu sendiri adalah lukisan, seni musik, item dalam game, hingga video pendek.

Menyadur dalam forbes, sistematika jual beli NFT adalah dengan cara online. Cryptocurrency atau mata uang kripto merupakan salah satu mata uang yang dapat digunakan untuk melakukan transaksi pembelian NFT.

Secara mudahnya kita dapat mengartikan NFT sebagai aset digital yang mewakili barang berharga dengan nilai yang tidak dapat diganti atau ditukarkan. Setiap NFT memiliki data catatan transaksi di dalam blockchain. Data ini berisi tentang siapa penciptanya, harga, dan histori kepemilikannya.

Fungsi NFT
Setelah mengetahui tentang pengertian NFT, kini kita akan membahas apa fungsi dari NFT tersebut.

Berikut adalah beberapa fungsi dari NFT yang perlu anda ketahui:

1. Industri Seni
Fungsi NFT yang pertama adalah bagi industry seni, Karakteristik dan keunikan NFT mengevaluasi kembali sektor seni digital. NFT menawarkan keamanan yang dibutuhkan untuk karya yang dipublikasikan secara online, di mana konten dapat disebar bebas dan dapat diklaim dengan mudah, yang menyebabkan kerugian bagi pembuatnya.

2. Bisnis
Bisnis properti, aset, lisensi dan olahraga juga tidak lepas dari sektor usaha yang mendapatkan manfaat dengan adanya NFT ini. Secara mudahnya karena setiap transaksi yang terjadi tercatat di dalam blockchain, sehingga dapat meminimalisir terjadinya pencurian, penipuan dan kehilangan aset.

3. Hobi dan Hiburan
Cuplikan-cuplikan dari NBA Top Shot, Kucing virtual dari CryptoKitties, dan avatar-avatar unik dari CryptoPunks, CryptoKitties dan Axie Infinity merupakan beberapa contoh fungsi NFT dalam sektor hiburan dan hobi.

Manfaat NFT
Seperti yang kita ketahui bahwa saat ini NFT begitu ramai diperbincangkan di seluruh dunia, kepopuleran NFT membuat semua orang saat ini ingin berupaya untuk memiliki aset tersebut.

Tentunya hal tersebut dilakukan karena NFT memiliki manfaat, salah satu manfaat NFT yang perlu anda ketahui adalah mempermudah artis maupun content creator untuk mempromosikan dan menjual karya-karya digitalnya.
Mereka besar kemungkinan akan mendapatkan komisi setiap aset NFT yang ia miliki terjual dan berpindah kepemilikan.

Kekurangan dan Risiko NFT
Namun ada satu hal yang perlu anda perhatikan ketika memutuskan untuk ingin terjun dalam transaksi aset digital ini, layaknya seni rupa Asli, NFT juga sangat berpotensi untuk hilang. Contoh kecilnya adalah ketika mendapati terjadinya peretasan sebuah akun, maka yang akan terjadi adalah ia akan kehilangan segala akses, termasuk akses wallet NFT.

Demikian adalah ulasan tentang pengertian, fungsi dan manfaat NFT. Semoga dapat memberikan wawasan pengetahuan baru untuk anda sekalian, khusunya bagi anda yang mulai tertarik untuk melakukan transasksi jual beli aset digital.