Sederet Profesi Ini Bisa Diganti Robot, Ada Pekerjaan Kamu?

Jakarta, Perkembangan teknologi ke depannya akan membuat banyak pekerjaan yang sebelumnya dilakukan manusia bisa digantikan oleh robot. Adanya keberadaan robot ini dinilai akan dapat membantu banyak pekerjaan dan lebih memudahkan kegiatan yang dilakukan.

Hal ini bahkan sudah diakui oleh Presiden Joko Widodo langsung. Bahkan, menurut dia posisi Pegawai Negeri Sipil (PNS) juga akan menjadi salah satu pekerjaan yang akan dapat digantikan ke depannya.

"Ini bukan barang yang sulit. Barang yang mudah dan memudahkan kita untuk memutuskan sebagai pimpinan di daerah maupun nasional," kata Jokowi saat pembukaan Musrenbangnas RPJMN 2020-2024 pada Desember 2019.

Selain pekerjaan administrasi seperti PNS, terdapat beberapa jenis pekerjaan lainnya yang juga nantinya akan dapat digantikan oleh robot. Berikut daftar lengkap pekerjaan tersebut.

PNS

Mengganti PNS dengan robot memang bukan hal yang tidak mungkin dilakukan. Pengamat Kebijakan Publik Universitas Trisakti Trubus Rahadiansyah mengatakan sangat memungkinkan PNS diganti dengan tenaga robot. Namun hanya untuk beberapa sektor tertentu.

"Menurut saya bisa saja. Tapi memang tidak semuanya bisa diganti. Karena masyarakat kita masih banyak ogah dilayani dengan teknologi dan lebih puas ngobrol langsung dengan petugas pelayan publik," kata Trubus kepada CNBC Indonesia, Jumat (26/11/2021).

Pekerjaan yang bisa digantikan itu seperti PNS pengurusan KTP dan yang berada di Samsat. Hal ini dinilai akan membuat masyarakat terbebas dari praktek pungli yang masih sering terjadi.

Perakitan dan Pekerja Pabrik

Melansir Computerhope, hampir seluruh pekerjaan manufaktur besar menggunakan robot untuk membuat jutaan produk. Bahkan komputer telah bertugas merakit mobil dan produk lain.

Sejumlah robot seperti Baxter dan Sawyer dari Rethink Robotics bisa diprogram oleh siapapun. Pekerjaan ini juga tak memerlukan lagi teknisi trampil memprogram robot.

Supir Bis, Taksi, dan Truk

Ini terjadi karena ke depannya akan ada tren kendaraan otonom. Bukan tak mungkin bis, taksi dan truk akan dikendalikan oleh otonom bukan lagi dengan manusia.

Bahkan, tren ini bisa merambah ke kendaraan berat seperti buldozer, pengeboran dan pengangkutan di pertambangan atau konstruksi.

Operator telepon, telemarketer, dan resepsionis

Teknologi voice recognition akan makin canggih di masa depan. Dengan begitu perusahaan lebih mudah menggantikan peran orang dalam pekerjaan operator atau telemarketer.

Kasir

Self checkout memang sudah diadopsi oleh sejumlah toko saat ini. Tidak ada lagi manusia yang bertugas di balik mesin kasir, namun dilakukan oleh konsumen sendiri.

Manusia mungkin masih akan bertugas di area kasir. Namun untuk melakukan pengawasan operasional mesin kasir.

Teller dan Pegawai bank

Di masa depan atau mungkin sudah terjadi saat ini, banyak orang yang tidak lagi pergi ke bank untuk melakukan aktivitas seperti penyimpanan uang. Transaksi keuangan termasuk pengembangan Bitcoin membuat transaksi bisa dilakukan dari perangkat sendiri tanpa perlu lagi datang ke bank. Ini juga membuat pekerjaan seperti teller dan pegawai bank akan tergantikan.

Petugas Pengepakan, Ruang Penyimpanan dan Gudang

Robot akan bertugas dalam pengepakan atau memindahkan barang. Amazon salah satu perusahaan yang mengalihkan pekerjaan itu dari tangan manusia.

Apoteker

Saat ini banyak apotek yang mengganti apotekernya dengan robot. Pekerjaan yang dilakukan robot ini adalah memisahkan dan menangani resep pelanggananya.

Penggunaan robot juga dinilai menguntungkan karena robot hanya membutuhkan ruang kecil untuk bekerja menggunakan lengannya. Selain itu mesin akan mencegah kesalahan saat bekerja.

Belakangan firma hukum mengganti paralegalnya dan staf lain dengan pengacara e-discovery dan robot riset. Robot dinilai efektif untuk menyisir jutaan dokumen dan menemukan fakta relevan dan data seperti nomor telepon dan email berdasarkan kata kunci.

Di samping itu, analis keuangan juga banyak yang digantikan dengan komputer yang dirancang khusus menganalisis danmenemukan pola dan tren dalam data.

Pilot

Saat ini militer Amerika Serikat telah menggunakan otonom untuk melakukan tugas pengawasan serta menyerang tanpa menggunakan bantuan. Sehingga bukan tak mungkin di masa depan drone akan lebih canggih dan merambah ke sektor lain, seperti pesawat kargo.

Dilaporkan sebuah perusahaan ingin mengganti pilotnya dengan komputer dan operasionalnya bisa dilakukan pilot dari jarak jauh.

Bartender

Beberapa perusahaan telah mulai menggunakan sistem menggantikan bartender untuk menyajikan minuman. Seperti yang dilakukan oleh layanan Briggo yang menggantikan barista dengan robot untuk membuat minuman populer dan belajar membuat minuman baru.


CNBCI