7 Kebiasaan Orang Jenius, Ada yang Seperti Kamu Gak?

 
Foto: Ilustrasi IQ (Pixabay)

Jakarta, Orang jenius sering dianggap orang yang beruntung. Pasalnya, mereka sangat konsisten menjalankan kebiasaan positif sehingga mereka bisa meraih sukses dengan kepintarannya.

Namun disisi lain, orang jenius ternyata memiliki kebiasaan aneh mulai dari penampilan hingga kebiasaan menyendiri.  Lalu, apa saja ciri-ciri orang yang disebut jenius? Berikut rangkumannya:

1. Cenderung Berantakan
Berdasarkan hasil penelitian University of Minnesota terhadap munculnya kreativitas pada seseorang, kebanyakan ide bermunculan dari orang-orang di lingkungan berantakan daripada yang berasal dari tempat rapi.

2. Lebih Suka Menyendiri
Dalam penelitian berjudul 'Country roads, take me home... to my friends: How intelligence, population density, and friendship affect modern happiness'. Penelitian Norman P.Li dari Singapore Management University dan Satoshi Kanazawa dari The London School of Economics and Political Science mengungkapkan bahwa keramaian membuat orang ber-IQ tinggi menjadi tidak nyaman.

3. Mengakui Kesalahan
Orang jenius dianggap bisa lebih mengakui kesalahannya, dibandingkan orang biasa. Sebab IQ tinggi cenderung memiliki otak yang bisa memahami sudut pandang orang lain dan tidak takut untuk mengakuinya.

Para peneliti Cornell University tahun 1999 menemukan bahwa orang cerdas jauh dari kata percaya diri. Sebab mereka cenderung meremehkan kemampuannya,hal ini karena mereka tahu banyaknya pengetahuan di luar sana.

5. Suka Bicara Sendiri
Mereka yang dianggap jenius dikatakan suka berbicara sendiri. Kebiasaan ini dapat meningkatkan daya ingat dan mempertajam pola pikiran. Padahal, biasanya orang yang suka bicara sendiri dianggap tidak waras.

6. Suka Menantang Diri
Orang-orang dengan nilai IQ tinggi memiliki kebiasaan tidak memiliki rasa puas pada sebuah pencapaian. Sehingga, mereka sering menantang dirinya sendiri untuk melakukan hal yang lebih besar. Padahal orang tersebut sudah melewati tahapan yang dianggap cukup bagi kebanyakan orang lain.

7. Sering Begadang
Orang dengan IQ tinggi ternyata banyak lebih nyaman bekerja di malam hari dibanding pagi hari. Sebab, orang jenius cenderung menghabiskan lebih banyak waktu berpikir dan berkarya. Sehingga, mereka akan memiliki jam tidur lebih sedikit dan memilih menghabiskan waktu istirahat untuk hal produktif.