Ingin Makin Cerdas? Ketahui 8 Cara Sederhana Meningkatkan Level IQ


Anda mungkin pernah bertanya-tanya, apakah ada cara meningkatkan IQ dengan sederhana? Kabar gembira untuk Anda, hal tersebut merupakan sesuatu yang mungkin untuk diwujudkan.

Jangan khawatir, penelitian menunjukan bahwa terdapat beberapa cara mengembangkan kecerdasan manusia dengan pelatihan yang tepat.

Namun, sebelum kesana, Anda juga perlu mengetahui apa itu IQ?

Melansir dari Healthline, IQ, kependekan dari Intelligence Quotient, adalah ukuran kecerdasan dan potensi intelektual seseorang yang dipopulerkan oleh seorang psikolog Prancis bernama Alfred Binet pada 1900-an. 

Nah, setelah mengetahui apa itu IQ, inilah 8 cara meningkatkan IQ seperti yang dimuat dalam laman Healthline.

1. Aktivitas pelatihan memori
Aktivitas memori tidak hanya dapat membantu meningkatkan kemampuan mengingat sesuatu, tetapi juga kemampuan penalaran dan bahasa.

Faktanya, permainan memori telah digunakan dalam studi penelitian untuk mengeksplorasi bagaimana memori berhubungan dengan bahasa dan pengetahuan objek.
Kegiatan ini bisa dilakukan dalam bentuk permainan seperti teka-teki gambar atau silang, permainan konsentrasi, hingga sudoku.

2. Bahasa baru
Sebuah studi baru-baru ini menyelidiki hubungan antara pembelajaran bahasa awal dan IQ.
Hasilnya menunjukkan bahwa pembelajaran bahasa melalui pembicaraan dan interaksi dari 18 hingga 24 bulan paling bermanfaat untuk hasil kognitif dan otomatis meningkatkan IQ. 

3. Belajar alat musik
Sebuah studi menemukan bahwa musisi memiliki memori kerja yang lebih baik daripada non-musisi.
Mengingat peran penting yang dimainkan memori dalam kecerdasan di alat musik, tentu akan menjadi cara yang efektif untuk meningkatkan IQ.

4. Sering membaca
Memang, pada dasarnya, tidak dapat disangkal betapa bermanfaatnya buku dalam perkembangan kognitif manusia.
Bahkan, manfaat perkembangan semakin terasa ketika buku menjadi bagian dari kegiatan bonding antara anak dan orang tua.

Dalam satu studi baru-baru ini, para peneliti menemukan bahwa ketika orang tua membacakan buku atau cerita untuk anak-anak mereka, anak tersebut memiliki keterampilan bahasa dan perkembangan kognitif yang lebih besar.

5. Pendidikan formal lanjutan
Pendidikan, dalam bentuk apapun, memang sangat penting untuk pengembangan kecerdasan manusia.

Dalam ulasan studi tentang IQ dan pendidikan, lebih dari 600.000 peserta diteliti untuk menentukan efek pendidikan pada tingkat IQ.
Para peneliti akhirnya menemukan bahwa untuk setiap tahun tambahan pendidikan formal, peserta mengalami peningkatan satu hingga lima poin IQ.

6. Penalaran visuospasial
Melalui sebuah penelitian, para peneliti menemukan bahwa peningkatan penalaran visuospasial juga menyebabkan peningkatan skor tes IQ.
Penalaran visuospasial melibatkan beberapa kegiatan seperti labirin, model 3D, gim dan tes IQ online.

Meskipun permainan dan tes IQ tersebut tidak dapat mengukur IQ seseorang secara akurat, namun hal itu masih bisa menjadi cara yang bagus untuk mengembangkan kecerdasan.

7. Keterampilan relasional
Penelitian dari tahun 2011 menunjukkan bahwa menggunakan Teori Kerangka Relasional sebagai intervensi dapat meningkatkan skor IQ pada anak-anak secara signifikan.
Sebuah studi yang lebih baru menggunakan intervensi ini juga meningkatan IQ, penalaran verbal, dan penalaran numerik.

Pembahasan di atas mungkin sulit dimengerti, namun beberapa pelatihan relasional sederhananya meliputi buku pembelajaran bahasa ("ini adalah ..." dan "itu adalah ..."), perbandingan objek, serta perbandingan jumlah.

8. Pengendalian eksekutif
Kontrol eksekutif adalah kemampuan untuk mengontrol aktivitas kognitif yang kompleks yang juga mencakup manajemen dan regulasi eksekutif.
Penelitian menunjukkan bahwa fungsi eksekutif sangat terkait dengan penalaran yang lancar yang merupakan salah satu aspek kecerdasan manusia.
Kegiatan pengendalian eksekutif di antaranya permainan scrabble dan asah otak.

Itulah kedelapan cara meningkatkan IQ yang bisa Anda coba. Semoga bermanfaat!