Inilah 8 Kebiasaan yang Bisa Buat Hidupmu Miskin dan Melarat, Nomor 5 Sering Dianggap Sepele


Dalam buku Primbon Jawa, ada beberapa kebiasaan yang bisa membuat seseorang hidup miskin dan melarat bahkan kesulitan dalam mencari rezeki.

Jika diamati secara saksama, orang yang sering melakukan kebiasaan-kebiasaan tersebut sering mengalami kesialan, rezeki seret dan hidup susah.

Menurut Primbon Jawa, kebiasaan tersebut akan membawa dampak yang buruk di dalam setiap aspek kehidupan seseorang.
Tak heran jika seseorang kemungkinan besar akan miskin dan melarat lantaran sering menyepelekan dampak dari kebiasaan tersebut.

Lantas, apa saja kebiasaan tersebut? Diambil Portalsulut.com dari berbagai sumber, inilah 8 kebiasaan yang bisa membuat seseorang hidup miskin dan melarat.

1. Memutuskan tali silaturahmi
Memutus tali silaturahmi merupakan kebiasaan jelek yang bisa membawa sial dan membuat hidup kamu miskin dan melarat.
Dengan memutuskan tali silaturahmi sama saja dengan menutup pintu rezeki. Menurut Primbon Jawa, hindarilah kebiasaan ini dan jalinlah tali silaturahmi dengan banyak orang.

Pada dasarnya rezeki itu sifatnya berpindah tangan ke tangan. Itulah sebabnya, dengan menyambung tali silaturahmi adalah cara agar rezeki mengalir dari tangan orang lain ke tangan kita.

2. Munafik
Munafik merupakan kebiasaan tidak baik yang bisa membawa akibat buruk bagi diri sendiri dan orang lain, bahkan kebiasaan ini menjadi hal paling utama yang bisa membuat rezeki seret.
Munafik adalah orang yang suka berkhianat, ingkar janji, dan suka berbohong. Kebiasaan ini bisa menghancurkan kesempatan untuk mendapatkan rezeki.

3. Pelit
Pelit merupakan kebiasaan jelek yang harus dihilangkan agar rezeki tidak seret.
Orang pelit biasanya beranggapan bahwa rezeki yang telah dikumpulkan akan habis jika dibagikan atau disedekahkan kepada orang lain.

Namun, faktanya tidak ada orang yang jatuh miskin karena alasan sedekah. Malah rezeki yang akan ia dapatkan nanti akan berlipat ganda.
Jadi mulai dari sekarang, rubah kebiasaan pelit menjadi kebiasaan yang lebih baik yaitu bersedekah agar rezeki mengalir lancar.

4. Menahan hak orang lain
Kebiasaan yang bisa membuat rezeki seret salah satunya adalah menahan hal orang lain. Hal ini akan menyumbat gerak rezeki untuk mengalir lebih lancar.
Dengan tidak menahan hak orang lain, maka sama saja dengan membuka sumbatan rezeki agar mengalir deras.

5. Menunda pekerjaan
Menurut Primbon Jawa, menunda pekerjaan sama saja dengan menunda kesuksesan. Dan itu bisa membatalkan rezeki.
Buang jauh-jauh kebiasaan yang seperti ini agar rezeki seret bisa teratasi.

6. Gampang putus asa
Kebiasaan yang harus dibuang jauh-jauh salah satunya adalah gampang putus asa. Kebiasaan ini akan mambawa Anda jauh dari rezeki.
Putus asa justru akan menolak datangnya rezeki dan tidak akan mendatangkan rezeki.
Orang yang putus asa termasuk orang yang menjauhkan dirinya dari berkah dan rahmat Allah SWT.

7. Begadang
Begadang memang menjadi kebiasaan banyak orang, banyak orang juga yang sering menanggap bahwa begadang adalah kebiasaan yang wajar.
Namun, siapa sangka bahwa begadang dan tidur setelah waktu subuh bisa menghambat rezeki kamu.
Menurut Primbon Jawa, rezeki akan dibagikan untuk setiap orang di waktu subuh. Jadi, sangat disayangkan jika di waktu tersebut kamu tidur.

8. Tidak disiplin
Kebiasaan yang satu ini memang bisa menghalangi kamu untuk bergerak lebih cepat dan tepat dalam menjemput rezeki.
Tidak disiplin akan membuat pekerjaan kamu tidak tertata dengan baik sehingga hasilnya tidak maksimal.
Kebiasaan seperti ini sebaiknya dirubah, pribadi yang disiplin akan membuat kamu lebih muda dalam menggapai apa yang kamu cita-citakan.

Itulah 8 kebiasaan yang bisa membuat seseorang hidup miskin dan melarat menurut Primbon Jawa.
Benar atau tidak, penjelasan di atas hanyalah bersifat prediksi dan ramalan, namun tidak ada salahnya juga untuk merubah kebiasaan-kebiasaan di atas menjadi kebiasaan yang membawa dampak positif bagi diri pribadi dan lingkungan.***