Pesan Keren Warren Buffett: Putuskan Bahwa Anda Akan Menjadi Kaya Raya


NEW YORK. Sering disebut sebagai Oracle of Omaha, Forbes mencatat, Warren Buffett memiliki nilai kekayaan bersih sebesar US$ 102,2 miliar. Meskipun Buffett tidak diragukan lagi jenius dalam hal bisnis, kata-kata bijaknya tidak hanya bagus untuk diterapkan pada bisnis semata. Ada banyak tips Warren Buffett yang bisa digunakan siapa saja dan dapat diterapkan sehari-hari seperti yang dikutip dari gobankingrates.com: 

1. Putuskan Bahwa Anda Akan Menjadi Kaya
Untuk menjadi kaya, Anda harus percaya bahwa suatu hari Anda akan kaya. Menurut Huffington Post, Warren Buffett pernah dilaporkan berkata, “Saya selalu tahu saya akan menjadi kaya. Saya tidak berpikir saya pernah meragukannya selama satu menit."  Untuk hasil terbaik, tetapkan harapan tinggi untuk diri sendiri dan bekerja menuju tujuan dan aspirasi Anda.  "Kemudian, jelaskan kepada diri Anda sendiri, keluarga dan teman-teman Anda bahwa Anda memiliki komitmen untuk menjadi mandiri secara finansial,” kata Randall “Dolph” Janis, agen asuransi di Clear Income Strategies Group. 

"Ciptakan masa depan Anda dengan rencana, tahu kapan harus agresif melawan, tahu kapan harus konservatif," jelasnya. 

2. Mulailah Menabung di Usia Muda 
Pada usia 15 tahun, Warren Buffett telah mendapatkan US$ 2.000 dari pengiriman koran dan penjualan langganan majalah, menurut CNBC. Dia menggunakan US$ 1.200 dari pendapatannya untuk berinvestasi di sebuah peternakan, membentuk perjanjian bagi hasil dengan petani. Pelajaran? “Mulailah menabung sedini mungkin, agar Anda terbiasa,” kata Brittney Castro, pendiri dan CEO Financially Wise Women.

Ini penting apakah Anda menabung untuk berinvestasi dalam bisnis atau membeli rumah pertama Anda.

3. Investasikan Kembali Keuntungan Anda 
Ketika Buffett masih di sekolah menengah, dia dan seorang temannya membeli mesin pinball. Menurut Biography, pasangan itu meletakkannya di sebuah barbershop dan dengan cepat mendapatkan cukup uang untuk membeli lebih banyak mesin dan memasangnya di toko lain.  Teman-temannya akhirnya menjual semua mesin untuk keuntungan $1.200. Jika Anda ingin kekayaan Anda tumbuh, hal terbaik yang dapat Anda lakukan adalah terus menginvestasikannya kembali dalam bisnis Anda. Tentu saja, Anda dapat menikmati hasil kerja Anda, tetapi jangan menghabiskan semuanya di satu tempat.

4. Lulus Kuliah Cepat Karena pikiran Warren Buffett yang tajam untuk bisnis, tidak mengherankan jika dia berhasil menyelesaikan kuliah dalam tiga tahun — dua di Wharton School of Business dan satu di University of Nebraska, menurut buku “Icons of Business.”  Meskipun biaya kuliah tidak mahal pada masa Warren Buffett seperti sekarang ini, kemungkinan dia menghemat uang dengan menyelesaikan pendidikannya dalam tiga tahun, bukan empat. Mahasiswa masa kini dapat menabung dengan mengikuti jejaknya.

5. Bangkit Kembali Dari Penolakan Ironisnya, Harvard Business School menolak Buffett setelah mewawancarainya. Namun alih-alih merajuk, dia menuju ke Columbia dan bertemu Benjamin Graham. Graham adalah legenda di industri investasi, dan dia menjadi mentor Buffett.  Sebagian besar kesuksesan investasi Buffett yang luar biasa bisa dibilang merupakan jasa Graham dan pelajaran yang dia ajarkan kepadanya. "Ditolak? Siapa yang peduli, teruskan, itu terjadi setiap saat,” kata Tom Scuccimarra, manajer penjualan nasional di M&O Marketing. "Anda tidak bisa mengambilnya secara pribadi, dan Anda tidak bisa membiarkan hal itu mendorong Anda keluar dari impian Anda."

Bahkan jika Anda ditolak dari sekolah atau peluang kerja, penting untuk terus bergerak maju. Jika Warren Buffett berhenti setelah Harvard memecatnya, dia tidak akan berada di tempatnya sekarang.

6. Berkomunikasi secara Pribadi 
Pada tahun 1951, ketika Warren Buffett sedang mencari perusahaan untuk berinvestasi, dia menemukan GEICO. Untuk menyelidiki lebih lanjut, dia naik kereta api ke kantor pusat perusahaan. Menurut situs web GEICO, kantor itu tutup, jadi petugas kebersihan mengizinkannya masuk.  Untungnya, seorang eksekutif puncak ada di sana, dan mereka mengadakan rapat. Setelah itu, Warren Buffett melakukan salah satu pembelian saham paling awal yang diinvestasikan di GEICO. Saat ini, perusahaan asuransi tersebut merupakan anak perusahaan yang sepenuhnya dimiliki oleh Berkshire Hathaway.

Ikuti saran Buffett dan jangan meremehkan nilai komunikasi tatap muka. Saat Anda mencoba untuk mencapai tujuan bisnis atau pribadi, terkadang panggilan telepon atau email tidak berhasil.