Sudah Usaha Tapi Tetap Miskin? Ingin Sukses dan Kaya Hindari 5 Kebiasaan ini

Ilustrasi Ingin Sukses dan Kaya Hindari 5 Kebiasaan ini /Chronomarchie/Pixabay

Ternyata ada 5 kebiasaan yang membuat kita sulit kaya, dan kebiasaan ini masih sering kita lakukan.
Apa saja?

Dilansir dari video unggahan di channel YouTube Naura Komputer, berikut 5 kebiasaan yang membuat kita sulit kaya, dan kebiasaan ini masih sering kita lakukan:

1. Terjebak dalam Zona Nyaman
Hal ini biasanya, anda sering menolak tawaran pekerjaan, karena takut merepotkan atau menolak tanggung jawab tambahan.

Karena malas keluar dari rutinitas yang ada, akhirnya hanya melakukan hal-hal yang sama setiap harinya tanpa ada perkembangan, yang berarti tidak mau keluar dari zona nyaman.

Zona nyaman bisa membuat kita terbuai, tapi tanpa kita sadari banyak peluang yang terlewatkan dan hidup kita terus berjalan ditempat. untuk itu disarankan ambil setiap peluang, dan beranikan diri untuk keluar dari zona nyaman.

2. Takut Mengambil Resiko 
Takut mengambil resiko adalah hal yang wajar, ketakutan ini dapat berdampak baik karena membuat kita selalu berhati-hati dalam mengambil keputusan.
Terutama dalam hal menempatkan uang, selalu ada resiko dalam segala hal, bukan berarti berani mengambil sikap pun tanpa ada resiko.

Tak mau mengambil risiko karena takut jatuh miskin, justru bisa menjadi penyebab anda susah kaya.
Salah satu cara yang ampuh untuk mengurangi rasa takut adalah dengan memperdalam ilmu di bidang tersebut.
Dengan ilmu yang cukup, rasa takut akan berganti dengan rasa percaya diri.

4. Banyak Cicilan atau Kreditan
Punya penghasilan yang cukup kadang membuat kita merasa aman untuk mengambil banyak cicilan.
Karena kita berpikir akan mudah membayarnya dengan gaji atau penghasilan yang kita miliki.
Tapi tanpa kita sadari terlalu banyak cicilan membuat kita lupa menyisihkan uang untuk ditabung apalagi berinvestasi.

Jika harus berhutang, pastikan hutang tersebut merupakan hutang produktif, atau hutang yang dilakukan untuk menambah manfaat finansial, contohnya seperti pinjam uang untuk usaha.
Hasil usaha bisa digunakan untuk melunasi pinjaman tersebut, setelah pinjaman lunas, keuntungan usaha tersebut pun bisa dinikmati oleh kita.

5. Gaji Naik Gaya Hidup Naik 
Biasanya hal ini berpengaruh pada gaya dan penampilan kita.
Kita yang semula merasa nyaman memakai tas yang selama ini kita pakai, mulai ingin ganti yang baru seperti milik teman atau orang lain.

Kita yang biasanya betah ke kantor menggunakan ojek online jadi malas keluar rumah jika tidak pakai taksi atau mobil sendiri.

Jika gaji naik selalu diikuti dengan peningkatan gaya hidup, cobalah kita evaluasi diri tentang gaya hidup kita sebisa mungkin. Kenaikan gaji bukan berarti kita juga harus menaikkan gaya hidup.
5. Malas Investasi Kemampuan Diri atau Malas Belajar.

Jika ingin Kaya maka berinvestasilah.
Investasi tak hanya berupa asset yang kita miliki, Kita juga perlu fokus untuk investasi mengembangkan kemampuan diri.
Caranya bisa dengan mempelajari hal-hal baru lewat buku, mempelajari dari berbagai artikel di internet, atau bisa dilakukan dengan mengikuti pelatihan atau workshop.

Jangan sampai rutinitas yang kita lakukan justru membuat kita tidak berkembang. Memiliki pekerjaan atau menjadi karyawan atau memiliki usaha, adalah sebuah berkah. Walaupun begitu bukan berarti anda bisa terlena dan jalan ditempat Sebelum terlambat ubah kebiasaan ini dari sekarang.
Itulah 5 kebiasaan yang membuat kita sulit untuk berkembang, sulit untuk kaya, dan sulit untuk sukses, sekian artikel kali ini semoga bermanfaat.***