Jusuf Hamka, Ketua PBNU Pertama Tionghoa yang Bermimpi Bangun 1000 Masjid


JAKARTA, Haji Mohammad Jusuf Hamka atau biasa disapa babah Alun tidak menyangka dirinya akan diberi amanah jadi salah satu pengurus Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) era KH Yahya Cholil Staquf periode kepengurusan 2022-2027.

Dalam pengukuhan Pengurus PBNU di Balipapan Senin lalu, Jusuf Hamka, panggilan lain dari H. Mohammad Jusuf Hamka, mendapatkan amanah jadi ketua PBNU bidang budaya dan Kesra.

Dalam sejarah, Jusuf Hamka disinyalir jadi ketua PBNU pertama dari Tionghoa. Sebuah terobosan di era PBNU Gus Yahya selain memasukkan unsur perempuan dan menjauhkan diri dari politik praktis.
Saat pengukuhan, Ia berfoto dengan Gus Yahya memakai baju berwarna putih dan peci hitam. Dengan setelan baju itu, Jusuf Hamka  tampak  khas  sebagai warga NU.

“Hari Senin didalam acara pelantikan Pengurus Besar Nahdatul Ulama (PBNU) di Balikpapan saya mendapat kehormatan dengan diberi wejangan dan nasihat dr Gus Yahya Staquf (Ketum PBNU) dan pesan beliau supaya saya tetap berdakwah,” papar Jusuf Hamka di akun instagramnya Babah Alun @jusufhamka.

Gus Yahya lantas meminta Jusuf Hamka untuk senantiasa mengharumkan nama Islam dan berdakwah seperti halnya yang ia lakukan saat ini.

“Berdakwah dengan senantiasa mengharumkan nama Islam. Islam yang Toleran dan Rahmatan Lilalamin. Semoga saya tetap amanah, Amin Ya Rabbal Alamin,” tutupnya.

Sebelumnya, ia juga sempat bersama dengan Rais Aam PBNU KH Miftachul Akhyar dalam sebuah penerbangan menuju pengukuhan pada hari Minggu (30/1).
Bahkan, Jusuf Hamka sendiri yang menjemput ulama kharismatik itu dari Surabaya.

“Saya mendapat kehormatan utk menjemput Rois Aam PBNU di Surabaya dan mengantarkan beliau ke Balikpapan untuk menghadiri Pelantikan Pengurus PBNU Insyalah besok Tgl 31/1/22 pengurus lengkap PBNU akan dikukuhkan, dan dalam acara pelantikan ini kami mendapat kehormatan yang luar biasa karena Presiden Jokowi berkenan hadir. Insyallah NU terus dapat mewarnai Negeri dengan Keberagaman, Kebhinekaan dan Toleransi,” tutupnya.