Sri Mulyani Bicara Kiamat Teller Bank, Semengerikan Apa?


Jakarta, Disrupsi digital kini menjadi sebuah keniscayaan. Berbagai sektor bisnis dan usaha harus beralih ke digital karena kondisi berubah psikologis konsumen.
Disrupsi digital ini juga dipercepat oleh pandemi Covid-19 di mana masyarakat mendidik dirinya sendiri untuk menjadi lebih adaptif dengan digital.

Salah satu sektor yang mengalami disrupsi digital adalah sektor perbankan. Setiap bank nantinya harus menjadi bank digital. Hal ini membawa dampak yang besar para karyawan bank.

Disrupsi digital ini akan membuat beberapa pekerjaan di sektor perbankan hilang. Diprediksi pekerjaan teller hingga back office akan hilang. Jumlah karyawan sektor ini mencapai jutaan orang.

Menteri Keuangan Sri Mulyani memberikan tanggapan mengenai masalah ini. Menurutnya disrupsi dan transformasi digital menjadi tantangan global, tidak eksklusif terjadi di Indonesia. Meski disrupsi digital mengilangkan beberapa pekerjaan namun juga memunculkan ekonomi-ekonomi baru.

"Transformasi digital itu memunculkan ekonomi-ekonomi baru. [Teller dan back office bank] mungkin akan hilang katakanlah tetapi pasti akan memunculkan services baru yang dibutuhkan masyarakat," terangnya.

Sri Mulyani memaparkan transformasi digital dan kesiapan penduduk Indonesia juga menjadi perhatian pemerintah. Apalagi Indonesia memiliki bonus demografi hingga 2030, di mana pertumbuhan kelas produktif terus meningkat.

Untuk menyiapkan generasi muda ini, pemerintah melakukan beberapa pendekatan. Misalnya dari sisi pendidikan dengan menyiapkan anggaran fungsi pendidikan sebesar Rp 550 triliun tahun ini.
Selain itu membangun infrastruktur digital sebagai tulang punggung ekonomi digital. Untuk ini pemerintah butuh investasi besar mulai dari satelit hingga membangun menara telekomunikasi base transceiver station (BTS).

"Mengenai training yang lain kita terbuka. Kita punya kartu Prakerja, ini sebenarnya untuk menyapu mana yang dibutuhkan masyarakat, banyak di antara pelaku dan provider itu mulai memunculkan banyak pilihan," terangnya.