4 Gaya Hidup Orang Jepang yang Bikin Negara Mereka Maju, Patut Kita Tiru!


Jepang sudah terkenal sebagai negara maju, terutama dari segi inovasi di bidang teknologinya. Gak hanya itu, gaya hidup mereka pun banyak dicontoh. Misalnya, gaya hidup hemat dan sehat serta kepedulian yang tinggi terhadap kebersihan.

Lalu, gaya hidup orang Jepang seperti apa sih yang bikin mereka jadi negara maju? Yuk, simak sama-sama supaya bisa kita tiru.

1. Sangat menghargai waktu
Orang Jepang terkenal produktif dan memiliki etos kerja yang tinggi. Hal ini disebabkan mereka sangat menghargai waktu. Itulah kenapa mereka sangat tepat waktu dan begitu membenci perilaku telat.

Masih banyak yang gak menyadari bahwa waktu adalah sumber daya terbatas yang mesti dimanfaatkan sebaik mungkin. Ketika kita menyia-nyiakannya, maka waktu yang terbuang tadi tak bisa kamu dapatkan lagi.

2. Sangat disiplin
Sejak kecil penduduk Jepang sudah dilatih sangat disiplin. Misalnya, anak-anak Jepang dari kecil sudah mandiri. Sejak dini mereka dilatih orangtuanya untuk menyiapkan peralatan sekolah yang diperlukan keesokan hari secara mandiri.

Gak hanya itu, orang Jepang juga terkenal sangat disiplin dalam mengantre. Kedisiplinan ini gak mudah, lho. Dan disiplin merupakan salah satu karakter penentu dalam kesuksesan seseorang. Jadi, gak heran mereka menjadi negara maju.

3. Gak boros
Kendati banyak produk yang digunakan sehari-hari merupakan buatan Jepang. Akan tetapi penduduknya sendiri terkenal dengan perilaku hidup hemat. Mereka gak boros, lho.

Sudah bukan rahasia lagi kalau penduduk Jepang sangat menyukai hidup minimalis. Misalnya saja, mereka gak suka menumpuk perabotan. Hanya membeli sebatas yang digunakan saja.

4. Miliki rasa malu yang tinggi
Rasa malu memang penting banget supaya jadi rem agar orang berperilaku baik. Tanpa rasa malu, orang jadi gak ragu-ragu untuk berbuat jahat atau merugikan orang lain.

Penduduk Jepang terkenal memiliki rasa malu yang tinggi. Misalnya, saat seseorang melakukan tindakan korupsi atau gagal memberikan performa yang baik, maka langsung mengundurkan diri. Gak perlu harus diprotes dulu.

Nah, dari uraian tadi, menurutmu gaya hidup orang Jepang yang mana perlu banget kita ikuti?