7 Negara Tanpa Malam, Matahari Bersinar Hampir 24 Jam!


Jakarta, Anda pernah dengar istilah midnight sun alias matahari di tengah malam? Istilah ini digunakan untuk menjelaskan fenomena di mana matahari terus bersinar meski jam sudah menunjukkan lewat tengah malam. Fenomena alam yang unik ini terjadi setiap tahun saat musim panas di tujuh negara di dunia. 

Biasanya, matahari mencapai puncaknya di bulan-bulan musim panas setiap tahun. Selama bulan-bulan khusus ini, semua wilayah di sekitar sisi utara Lingkaran Arktik mengalami sinar matahari hingga 24 jam sehari.

Intensitas matahari tengah malam bervariasi dari satu tempat ke tempat lain. Beberapa faktor yang mempengaruhi hal ini antara lain kedekatan dengan kutub bumi serta adanya awan dan kabut.

1. Norwegia 

Negara di ujung Eropa Utara ini punya julukan sebagai "the land of the midnight sun." Saat puncak musim panas, matahari tidak pernah terbenam sepenuhnya di bawah ufuk di berbagai kota termasuk kota Tromso. Selama Mei sampai Juli setiap tahunnya masyarakat yang tinggal di kota Tromso merasakan hari-hari tanpa malam. 

Karena alasan ini, Tromso jadi tujuan wisata populer untuk melihat matahari tengah malam selama puncak musim panas. Universitas di Tromso bahkan terkenal sebagai salah satu pusat penelitian matahari tengah malam terkemuka di dunia.

Selain Tromso, kepulauan Svalbard juga merasakan hari-hari tanpa malam. Di sana, matahari tengah malam dimulai pada tanggal 20 April dan berakhir pada tanggal 22 Agustus. Sedangkan di tanjung Nordkinn matahari tengah malam ini terlihat dari tanggal 14 Mei hingga 29 Juli. Norwegia menjadikan keunikan ini sebagai promosi pariwisata. 

2. Swedia

Bertetangga dengan Norwegia, Swedia juga negara yang mengalami hari-hari tanpa malam. Wilayah Lapland, yang merupakan bagian paling utara Swedia, matahari tengah malam tetap terlihat selama hampir 60 hari dari 27 Mei - 18 Juli.

Selama periode ini, bahkan orang asli Lapland jadi kesulitan tidur karena matahari masih bersinar terang di luar meski jam sudah menunjukkan lewat tengah malam. Karena itu, setiap puncak musim panas, penjualan tirai penghalang sinar matahari jadi laku keras. 

Selain Lapland, kota Abisko dan Jokkmokk juga jadi tempat terbaik untuk melihat matahari tengah malam di Swedia.

3. Finlandia

Semua wilayah Finlandia mengalami matahari tengah malam meskipun intensitas yang lebih tinggi terjadi di bagian utara Finlandia. Matahari tengah malam berlangsung lebih dari 70 hari di Finlandia. Tempat terbaik untuk menyaksikan fenomena alam di sini adalah Helsinki. 

Kepercayaan kuno yang populer terkait midnight sun di Finlandia adalah bahwa jika seorang gadis muda mengumpulkan tujuh bunga di bawah bantalnya pada malam pertengahan musim panas - hari terpanjang dalam setahun - calon tunangannya akan muncul dalam mimpinya.

4. Greenland

Di Greenland tengah, matahari tidak terbenam dari akhir Mei hingga akhir Juli. Selama periode ini, sinar lembut dan hangat dari matahari di dataran rendah membuat pemandangan di sekitarnya tampak seperti mimpi; gunung es dan puncak bukit bermandikan warna merah muda, ungu, kuning dan merah.

Kota paling utara, Qaanaaq, adalah tempat terbaik untuk menyaksikan matahari tengah malam. 

5. Islandia

Matahari tengah malam di Islandia dapat terlihat hampir sepanjang hari, dan terkadang suasana tetap cerah setelah matahari terbenam hingga matahari terbit berikutnya sekitar 3-4 jam kemudian.

Durasi bersinarnya matahari meningkat secara bertahap mulai dari 18 jam hingga 20 jam pada bulan Mei, lalu mencapai puncaknya pada 20-21 jam pada bulan Juni sebelum berkurang secara bertahap pada bulan Juli dan Agustus di mana matahari terlihat antara 18-14 jam.

6. Alaska, AS

Alaska adalah negara bagian paling utara di Amerika Serikat. Selama lebih dari 70 hari, matahari tetap berada di atas ufuk dari pertengahan April sampai Agustus setiap tahun.

Tempat terbaik untuk mengalami fenomena alam ini di Alaska yakni Fairbanks. Banyak perusahaan tur yang beroperasi di Fairbanks menawarkan paket wisata midnight sun ke Lingkaran Arktik dan sekitarnya. 

7. Kanada

Wilayah Arktik Kanada adalah negeri matahari tengah malam karena di sana matahari tidak terbenam selama bulan-bulan musim panas. Inuvik - salah satu wilayah paling utara Kanada bahkan mengalami fenomena alam ini hingga 56 hari. 


CNBCI