Berawal dari Jual Bensin Eceran, 2 Bersaudara Ini Jadi Miliarder

 


JAKARTA, Kunci kesuksesan seseorang adalah usaha dan doa yang berjalan seiringan. Tidak ada keberhasilan yang datang secara tiba-tiba tanpa adanya usaha serta kerja keras. 

Pernyataan ini juga telah dibuktikan oleh dua kakak beradik keturunan India yang saat ini menjadi miliarder Inggris. Mohsin dan Zuber Issa tercatat sebagai pemilik perusahaan yang bergerak di bidang ritel, restoran siap saji, hingga pom bensin di Inggris, Euro Garages (RG) Group.

Awalnya, Mohsin dan Zuber Issa membantu Ayah mereka yang harus berhenti bekerja menjadi buruh pabrik. Kemudian, mereka memutar otak dan memulai usaha berjualan bensin eceran dan minuman di sebuah garasi kecil. Namun sayang sekali bisnis tersebut terpaksa dijual. 

Tapi tentu saja semangat Issa bersaudara masih saja tetap membara. Mereka kemudian membuka bisnis yang sama dengan versi yang lebih besar, dan memutuskan untuk menyewa sebuah pom bensin selama dua tahun.

Kegigihan mereka berdua menuai hasil di tahun 2001, mereka berhasil membeli halaman sebagai lokasi bisnis pom bensin. Lokasi yang strategis membantu bisnis Issa bersaudara berkembang, pasalnya pom bensin mereka tidak pernah sepi pelanggan sehingga mereka dapat mengumpulkan banyak pundi-pundi uang.

Tidak cukup di satu bidang saja, Issa bersaudara mulai mengembangkan sayap mereka dan memulai bisnis di bidang yang lain. 

Dikutip dari beberapa sumber oleh MNC Portal Indonesia, saat ini usahanya di bidang retail, restoran siap saji, dan pom bensin jika ditotalkan memiliki 6.000 cabang di 10 negara Inggris, AS dan Australia. Kekayaannya ditaksir sebesar 4,68 miliar poundsterling atau setara Rp85,8 triliun (kurs Rp18.530). Laporan tersebut terdapat di catatan kekayaan pada 2021, yang diberitakan oleh The Times.

Kabarnya, Issa bersaudara ini masih memilih tinggal di tempat kelahirannya di Blackburn dan sedang membangun lima rumah besar untuk mereka serta kerabat mereka.


INEWS