Mau Tajir Mampus? Tiru Kebiasaan Para Triliuner Seperti Ini


Jakarta, Membangun kekayaan bukan perkara mudah. Apalagi, jika kekayaannya berjumlah triliunan.

Ada kebiasaan-kebiasaan khusus yang dilakukan bagi para triliuner dunia sebelum mencapai posisinya seperti saat ini. Lantas apa sajakah itu, berikut adalah kebiasaan yang mungkin perlu dicontoh agar bisa ketularan kaya.

1. Punya prioritas dan fokus

Para orang 'super kaya' ini menghabiskan waktu dengan prinsip efisien dan efektif. Mereka tidak segan menolak permintaan yang mereka anggap tidak akan membantu mereka meraih target yang menjadi fokus.

2. Tidak suka buang waktu

Seperti diketahui, pendiri Meta, Mark Zuckerberg, selalu berbaju kaus oblong abu-abu hampir di semua kesempatan. Bukan tanpa sebab. Hal itu dilakukan karena ia enggan menghabiskan energi, pikiran dan waktu sekadar untuk memikirkan pakai baju apa hari ini.

3. Senang Belajar

Para orang super kaya ini selalu belajar. Mereka selalu mengikuti informasi, peristiwa terkini dan pengembangan diri. Mereka tertantang untuk selalu memahami berbagai permasalahan di sekitar mereka dan penasaran untuk mencari solusi: bagaimana sesuatu bisa berjalan, apakah ada cara untuk membuatnya lebih efisien dan lebih baik lagi.

4. Hobi membaca

Warren Buffet, Oprah Winfrey sampai Bill Gates adalah pecandu buku. Buffet bahkan menghabiskan 80% waktunya untuk membaca! Gates mengaku membaca kurang lebih 50 buku setiap tahun. Kebiasaan ini diakui bisa menjaga mereka terus belajar ilmu baru yang mereka manfaatkan untuk menemukan ide segar ataupun mengembangkan hal yang sudah ada.

5. Punya passion dan ketekunan

Tanpa passion yang besar terhadap apa yang mereka kerjakan, seseorang tidak akan berhasil. Di tengah proses membangun kerajaan bisnis, halangan dan rintangan yang mereka hadapi juga tidak sedikit.

Terancam bangkrut, keputusan bisnis yang salah, dan beragam kesalahan keputusan bisnis yang pernah terjadi, tidak membuat mereka kecil hati. Di sinilah kekuatan passion berperan sehingga mereka terus tekun dan bangkit membangun bisnis.

6. Gemar olahraga

Para orang 'super kaya' membangun kebiasaan berolahraga supaya tubuh selalu fit sehingga dapat beraktivitas maksimal. Berolahraga juga bisa menjauhkan mereka dari stress berlebihan akibat tekanan sebagai seorang pebisnis.

7. Tidak takut ambil risiko

Tidak ada orang sukses yang berkarakter "follower". Prinsip hidup mereka tidak pernah sekadar "mengalir bersama air." Mereka berani menjadi seorang pemula yang visioner kendati itu memiliki risiko yang tinggi. Mereka selalu terpacu untuk mencari cara terbaru menghadirkan barang atau jasa yang sesuai dengan visi besar mereka.

8. Bangun lebih awal

Ini cocok dengan nasihat para orangtua sedari dulu: mereka yang bangunnya pagi, rezekinya lebih. Para triliuner ini tidak ada yang hobi bangun siang. Mereka selalu bangun subuh setiap hari dan langsung melakukan rutinitas positif. Mulai dari berolahraga, beribadah, meditasi, membaca buku, dan lain sebagainya.


CNBCI