Fenomena Shrinkflation Bermunculan di Mana-mana, Apa Itu?


Di tengah perlambatan ekonomi global, kini muncul shrinkflation di mana-mana. 

Apa itu shrinkflation? Shrinkflation merupakan salah satu jenis inflasi di mana perusahaan mengecilkan produk dan menjualnya dengan harga yang sama. 

Fenomena shrinkflation ini sudah terlihat di mana-mana. Dari kertas toilet, yogurt, kopi, hingga keripik jagung, produsen diam-diam mengecilkan ukuran paket tanpa menurunkan harga. Inilah yang dijuluki "penyusutan".

Melansir AP, di Amerika, sekotak kecil tisu sekarang berisi 60 tisu. Bandingkan dengan beberapa bulan yang lalu yang jumlahnya 65. Yoghurt Chobani Flips telah menyusut dari 5,3 ons menjadi 4,5 ons. 

Di Inggris, Nestle mengecilkan kaleng kopi Nescafe Azera Americano dari 100 gram menjadi 90 gram. Di India, sebatang sabun cuci piring Vim telah menyusut dari 155 gram menjadi 135 gram.

Menurut para ahli, penyusutan produk bukanlah hal baru. Akan tetapi, hal itu berkembang biak di saat inflasi tinggi karena perusahaan bergulat dengan kenaikan biaya bahan, pengemasan, tenaga kerja, dan transportasi. 

Berdasarkan data S&P Global, tingkat inflasi harga konsumen global naik sekitar 7% pada Mei, kecepatan yang kemungkinan akan berlanjut hingga September.

"Hal itu datang dalam gelombang. Kita kebetulan berada dalam gelombang pasang saat ini karena inflasi," kata Edgar Dworsky, advokat konsumen dan mantan asisten jaksa agung di Massachusetts yang telah mendokumentasikan penyusutan di situs web Consumer World-nya selama beberapa dekade.

Dworsky mulai memperhatikan kotak-kotak yang lebih kecil di lorong sereal musim gugur yang lalu, dan penyusutan terus terjadi. Dia dapat menyebutkan lusinan contoh, dari kertas toilet Cottonelle Ultra Clean Care, yang telah menyusut dari 340 lembar per gulungan menjadi 312, hingga kopi Folgers, yang mengurangi ukuran wadah 51 onsnya menjadi 43,5 ons tetapi masih mengatakan akan menghasilkan hingga 400 cangkir.  (Folgers mengatakan itu menggunakan teknologi baru yang menghasilkan biji yang lebih ringan.)

Dworsky mengatakan penyusutan merupakan hal yang menarik bagi produsen karena mereka tahu pelanggan tidak akan merasa harga barang naik dan tidak akan melacak berat bersih atau detail kecil, seperti jumlah lembar pada gulungan kertas toilet. 

Perusahaan juga dapat menggunakan trik untuk mengalihkan perhatian dari perampingan, seperti menandai paket yang lebih kecil dengan label baru yang cerah yang menarik perhatian pembeli.

Itulah yang dilakukan Fritos. Tas Sendok Fritos bertanda "Ukuran Pesta" dulunya 18 ons; beberapa masih dijual di rantai grosir di Texas. Tetapi hampir setiap supermarket besar lainnya sekarang mengiklankan Sendok Fritos "Ukuran Pesta" seberat 15,5 ons dengan harga lebih mahal.

PepsiCo tidak menjawab ketika ditanya tentang Fritos. Tapi mereka mengakui menyusutnya botol Gatorade. Perusahaan baru-baru ini mulai menghapus secara bertahap botol 32 ons dan beralih ke botol 28 ons, yang diruncingkan di tengah agar lebih mudah untuk dipegang. 
Pergantian tersebut telah berjalan selama bertahun-tahun dan tidak terkait dengan iklim ekonomi saat ini, kata PepsiCo. 

Beberapa perusahaan bersikap lugas tentang perubahan tersebut. Di Jepang, produsen makanan ringan Calbee Inc. mengumumkan pengurangan berat 10% — dan kenaikan harga 10% — untuk banyak produknya di bulan Mei, termasuk keripik sayuran dan edamame renyah. Perusahaan merujuk pada kenaikan tajam dalam biaya bahan baku.

Domino's Pizza mengumumkan pada bulan Januari bahwa mereka mengecilkan ukuran sayap ayam 10 potong menjadi delapan potong dengan harga yang sama US$ 7,99. Domino's mengutip kenaikan harga ayam.

Memahami shrinkflation lebih dalam
Melansir Investopedia, shrinkflation adalah praktik mengurangi ukuran suatu produk sambil mempertahankan harga barang. Menaikkan harga per jumlah tertentu adalah strategi yang digunakan oleh perusahaan, terutama di industri makanan dan minuman, untuk secara diam-diam meningkatkan margin keuntungan atau mempertahankannya dalam menghadapi kenaikan biaya produksi.

Dalam penelitian bisnis dan akademis, shrinkflation juga disebut sebagai perampingan paket. Penggunaan yang kurang umum dari istilah ini dapat merujuk pada situasi ekonomi makro di mana ekonomi berkontraksi sementara juga mengalami tingkat harga yang meningkat.

Shrinkflation adalah istilah yang terdiri dari dua kata terpisah: shrink yang artinya menyusut dan inflasi. 

"Penyusutan" dalam shrinkflation berhubungan dengan perubahan ukuran produk, sedangkan bagian "-flation" mengacu pada inflasi yakni kenaikan tingkat harga.

Shrinkflation pada dasarnya adalah bentuk inflasi tersembunyi. Perusahaan sadar bahwa pelanggan kemungkinan besar akan melihat kenaikan harga produk dan karenanya memilih untuk mengurangi ukurannya, mengingat bahwa penyusutan minimal mungkin tidak diperhatikan.