Jreng.. Semua Pembeli Pertalite Wajib Terdaftar di Aplikasi


Jakarta, Badan Pengatur Hilir Minyak dan Gas (BPH Migas) memastikan bahwa ke depan pembelian Bahan Bakar Minyak (BBM) Pertalite dan Solar subsidi akan menggunakan aplikasi MyPertamina. Hal tersebut dilakukan supaya penyaluran kedua BBM tersebut dapat lebih tepat sasaran.

Kepala BPH Migas Erika Retnowati mengatakan bahwa ke depan setiap transaksi pembelian BBM jenis Pertalite dan Solar di SPBU akan diintegrasikan dengan aplikasi My Pertamina. Oleh karena itu, bagi masyarakat yang berhak mengkonsumsi Pertalite dan Solar subsidi harus melakukan registrasi terlebih dulu pada sistem aplikasi yang sudah disiapkan.

"Ke depan akan menggunakan IT yang sudah disiapkan oleh Pertamina menggunakan MyPertamina sehingga kedepannya semua konsumen yang akan menggunakan BBM JBT maupun JBKP harus melakukan registrasi di dalam aplikasi tersebut," kata Erika dalam Rapat Dengar Pendapat bersama Komisi VII, Kamis (23/6/2022).

Nantinya, aplikasi MyPertamina akan meniru sistem registrasi yang terdapat pada fitur Aplikasi PeduliLindungi yang selama ini sudah diterapkan dalam mencegah penyebaran kasus Covid-19. Meski begitu, dia menyadari bahwa penerapan untuk penggunaan aplikasi ini masih menemui sejumlah tantangan yang cukup berat.

"Kira kira kendala masalah di jaringan kemudian juga di pelosok, orang gak punya HP nanti itu kami juga cari jalan keluarnya. Mungkin kembali ke jalur manual dengan memasukkan nomor polisi jadi upaya dari kami untuk terus meningkatkan pengawasan agar lebih tepat sasaran," ujar Erika.

Untuk diketahui, PT Pertamina saat ini tengah menyiapkan roadmap atau peta jalan pembelian Bahan Bakar Minyak (BBM) Pertalite dan Solar subsidi menggunakan aplikasi MyPertamina. Hal tersebut dilakukan supaya penerapannya di lapangan dapat berjalan lancar.

Corporate Secretary PT Pertamina Patra Niaga, Irto Ginting mengatakan proses revisi Peraturan Presiden (Perpres) Nomor 191 tahun 2014 tentang Penyediaan, Pendistribusian dan Harga Jual Eceran Bahan Bakar Minyak (BBM) beserta petunjuk teknis pembelian Pertalite hingga kini masih berlangsung. Namun, sembari menunggu perpres tersebut kelar, Pertamina berencana menyiapkan roadmap untuk pembelian BBM di SPBU.
"Iya, kita akan siapkan (roadmap). Paralel menunggu revisi Perpres 191," ujar Irto kepada CNBC Indonesia Rabu (22/6/2022).

Sementara, Anggota Komite BPH Migas, Saleh Abdurrahman menjelaskan pihaknya hingga kini masih menggodok mengenai draft kriteria pembeli yang berhak mengkonsumsi Pertalite dan Solar subsidi. Meski begitu, Pertamina kata Saleh sudah mulai membuat roadmap untuk mengimplementasi penggunaan MyPertamina di SPBU.

"Pertamina sudah buat roadmapnya, coba tanya ke Pertamina Patra,"ujarnya.